Rabu, 05 Mei 2010

Tim Robot Indonesia Raih Emas di Robogames 2010, AS



Tim Robot Indonesia dari Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil mempertahankan gelarnya sebagai jawara dengan meraih medali emas untuk kategori open fire fighting autonomous robot lewat Robot DU 114 di RoboGames 2010 yang digelar di San Mateo County Event Center, Amerika Serikat pada 24-25 April 2010.

Kompetisi yang sebelumnya bernama ROBOlympics ini diikuti oleh 17 negara (AS, Meksiko, Inggris, Brazil, Lithuania, India, Spanyol, Kanada, Indonesia, Korsel, Palestina, Taiwan, Mesir, Jepang, Latvia, Kolombia dan Hong Kong), 59 event, 181 tim, 508 robot, and 667 teknisi (engineer) dari seluruh dunia dan Indonesia hanya diwakili oleh Unikom.

“Saat kompetisi, kita tidak mewakili Unikom lagi. Tapi mewakili Indonesia,” kata Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto. ”Ini kedua kalinya tim ini berhasil mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.”

”Prestasi tim Indonesia luar biasa, bisa mengalahkan peserta yang beragam. Kebanyakan yang dari AS adalah peneliti dari Silicon Valley,” kata Konsul Jenderal Republik Indonesia di San Francisco Asianto Sinambela.

Tim Indonesia mengikuti pertandingan dalam kategori pemadam kebakaran. Dalam kategori tersebut, 14 robot yang bertanding harus dapat mematikan lilin yang ditempatkan secara acak di salah satu ruang dalam labirin pertandingan dengan waktu secepat mungkin.

Dalam pertandingan ini, Tim Robot Indonesia menerjunkan robot dengan bentuk tank, robot berkaki 6, dan robot berkaki 8. Kemampuan robot Indonesia berhasil melewati rintangan naik tangga, memadamkan api dengan semprotan air, dan kembali ke tempat asal mendapatkan nilai bonus dari panitia.

Pada hari Rabu, 28 April 2010 tim yang terdiri dari Yusrila Yeka Kerlooza dan Rodi Hartono dikabarkan akan kembali ke tanah air. Yusrila mengatakan bahwa untuk mengembangkan robot di Tanah Air, perlu kerja sama yang lebih erat lagi antara pemerintah dan swasta, terutama dalam penyediaan dana.

Sumber: Detikinet, Robogames, Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Introduction